f Tutorial Membuat Dummy Booking KLM | SayaLia

Tutorial Membuat Dummy Booking KLM

Banyak orang yang ingin ke Eropa tapi ngga sedikit juga takut yang visa ditolak. Apalagi traveler yang mbolang sendiri dan nggak ikut tur *seperti saya*. Akhirnya nyari cara paling aman dan kalo visa ditolak nggak rugi banyak-banyak, solusinya ya buat dummy booking!

Untuk pengajuan Visa Schengen memang nggak diminta tiket yang sudah dibayar, tapi pakai reservasi tiket aja udah cukup, bahkan kedutaan menyarankan jangan bayar tiketnya dulu jaga-jaga klo ditolak! Tapi ya namanya tiket promo nggak tau kapan datangnya jadi kemarin sih saya bonek beli tiket oneway duluan karena tergiur harga promo Vietnam Airlines KUL-Paris 3,2juta hehehe. 
Eits, tapi walau saya udah beli tiket berangkat, saya tetep pakai dummy booking waktu apply visa. Karena tiket saya ke Paris dan nggak ada tiket pulang, sedangkan saya apply di kedutaan Belanda. Jaga-jaga biar nggak disuruh pindah ke TLS Perancis dan ketolak gara-gara gak punya tiket pulang (dikira bakal jadi imigran gelap tar wkwk), ya saya pakai dummy booking aja.

Sekian survey ada beberapa maskapai yang menyediakan pembayaran di kantor. Beberapa yang saya dapatkan setelah akses semua web masakapai adalah Turkish Airlines yang bisa reservasi 1x24jam, dan KLM 2x24jam. Akhirnya saya memutuskan pakai KLM untuk membuat dummy booking tiket ke Belanda.

Tutorial membuat dummy booking KLM untuk Visa Schengen :
1. Buka website KLM www.klm.com, lalu pilih rute tujuan
2. Pilih harga dan jadwal, lalu isi semua data kamu, lanjutkan membeli tiket seperti biasa
3. Nah sampai akhir pas pembayaran, pilih Pay In KLM Office

5. Setelah itu tadaaa, kode booking reservasi sudah di dapat. Terus buka menu Trip Details, dan klik Print

6. TADAAA dummy ticket sudah ditangan ^^



Gampang banget kan?! Dari pada harus bayar ke travel agent untuk sekedar minta reservasi ataupun repot-repot ke kantor Garuda buat reervasi, lewat smartphone aja bisa kok hihihi.



Happy Holiday !

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

'Life is either a daring adventure or nothing at all.' — Helen Keller

22 comments

  1. Mbak....ini dummy bookingnya berlaku sampai berapa harikah?

    ReplyDelete
  2. makasih banyakk mbaa sangat membantu

    ReplyDelete
  3. Hi..dummy ticket nya ntar ke cancel sendiri setelah 2x24jam ya? trz org kedutaan ny ga bakal ngecek kode bookingan nya kah? dumy ticket ny di issued 1hr sebelum appointment dunk klo begitu ya?
    sorry banyak nanya. hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener. Buat dummy bookingnya h-1 atau D-Day pas appointment aja. Nggak dicek kok sama kedutaan biasanya, memang dari dubes du webnya sudah nulis disarankan tiket yg belum dibayar jagain visa approve/decline

      Delete
  4. halo mbak, barusan saya coba2 tp di payment ga ada opsi pay in KLM office nih.
    Klo pake bank transfer apakah sama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ak blm pernah coba pilih transfer. Mungkin bisa. Yg penting koode bookingnya udh di kasi di email ama KLMnya aman kok gak usah dibayar dl

      Delete
    2. Halo mbak. Kebetulan aku juga mau buat visa ke Eropa dan aku juga pake metode itu kok hehe.

      Delete
  5. Mbak selain klm ada ga maskapai yg lain?apa garuda bisa dibikin dummy?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Garuda bisa tapi telepon ke kantornya klo gak salah. Yg bisa online Turkish ama KLM sejauh ini saya nemu

      Delete
  6. Halo Mbak Lia, terima kasih banyak uda sharing tips. Super helpful :)
    Cuma mau betulan confirm waktu itu Mbak Lia sudah coba dan berhasil ya? tanpa pihak kedutaan cek kode booking di atas 48 jam?
    terima kasih jawabannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab mas.. beberapa kedutaan memang ketat, misalnya Jerman. Tapi kalau belanda ga dicek kok:D

      Delete
    2. Saya udah pulang dr eropa bahkan. Klo gak lolos visa gak mgkn kesana kan 😁

      Delete
  7. Halo Mbak, maaf mau tanya. Nanti kalo dummy nya nggak jadi dibooking beneran apa kita akan dikejar-kejar ditagih pembayaran gitu mbak? Soalnya kan kita ngisi identitas lalala... :") mohon pencerahannya. makasiiii

    ReplyDelete
  8. Apakah metode ini masih bisa sampai sekarang?

    ReplyDelete
  9. Hello maaf sudah mengganggu, saya mau tanya k karena ini keberangkatan saya pertama kali ke eropa dan Visa saya sudah dapat dari kedutaan VFS netherland, saya belum memesan tiket hanya kemaren saya pakai dumai tiket dari blog kk untuk aply visa dan sukur aku dapat visa nya, pertanyaan saya apakah boleh saya berangkat dari indonesia ke PARIS?
    Soalnya saya bikin visa Netherland?
    Dan satu lagi k, niat saya mau beli dulu tiket keberangkatan dan tiket untuk balik nya nyusul pas di eropa nanti apa kah boleh juga?
    Apa di bandara nanti tidak di tanyakan untuk tiket pulang nya?
    Mohon jawaban nya k, soalnya masih newbe belum pernah keluar dan baru kali ini aku ke eropa. Terimakasih k aku tunggu jawaban nya 🙏🙏🙏🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Selama udh dpt visa schengen mo masuk/keluar dr mana aja gak masalah

      Delete
  10. Halo Lia, apakah metode ini masih bisa, atau sudah ketemu ada metode baru?
    Karena baru saya coba sepertinya sudah tidak ada pay at KLM office?

    ReplyDelete
  11. salam kenal
    kalo dicek di websitenya KLM sepertinya metode ini sudah gak bisa dipakai ya

    silahkan juga mampir ke wisatakeren.com ya

    ReplyDelete
  12. hi mbk, saya coba bikin tapi di bookingannya tertulis "Ticket number Ticket not issued yet". kalau kayak gni g bakal valid kan?

    ReplyDelete