f Persiapan Backpacking Eropa | SayaLia

Persiapan Backpacking Eropa

EXCITED? ABSOLUTELY!!
Karena saya terlalu excited dengan perjalanan lumayan panjang kali ini sampai saya nggak sabar menulis blog. Dan laporan-laporan perjalanan saya besok di Eropa!

Eropa seperti benua yang sangat jauh buat saya. Walaupun Amerika dan lainnya juga jauh tapi kalo lihat Eropa itu benua yang bener-bener masuk budget list no 2 saya setelah Asia. Dan kalau ke Eropa nggak mau cuma 1 atau 2minggu. Paling tidak 1bulan buat keliling Eropa, pengen ngerasain gimana traveling dalam jangka waktu agak lama jadi budget memang kendala banget! (walaupun mimpi saya buat 1tahun keliling dunia masih sangat jauh ya paling gak 1-3bulan dulu lah hehe)

Sepertinya beberapa tahun lalu liat peta Eropa itu cuma sekedar mimpi "kapan kesana ya? butuh uang berapa kesana ya? nabung berapa tahun baru bisa kesana ya?" dan akhirnya tinggal menghitng hari saya kesana! Jadi memang sangat berkesan banget perjalanan saya kali ini dari persiapan sampai pelaksanaan besok yay!


3,5tahun yang lalu saya buat kotak kecil yang tulisannya "EUROPE", tiap hari saya sengaja masukin Rp 20.000,- kadang2 lebih dikit dari penghasilan saya ke kotak itu. Di peta lingkarin map Eropa saya bakal kesana tahun 2015! (sayangnya mundur 1tahun karena kendala dana dipakai secara tidak terduga).
Nggak kerasa udah +1380hari berlalu dan uang 3,5tahun itu udah terkumpul +Rp 35.000.000,- dan udah bisa buat pergi ke Eropa. Gimana nggak berkesan buat saya coba? Hasil bersabar dan rutin nabung bisa membawa mimpi saya, jadi harap maklum kalau saya jadi anak alay banget karena terlalu bersemangat dan bangga ternyata saya bisa nabung segitu lamanya haha ^^v. Memang sih walaupun 3tahun terakhir juga sering jalan kemana2, tapi tetep tabungan kali ini special cuma khusus buat traveling ke Europe!

Okei selesai cerita bapernya. Sekarang persiapannya.
Dari awal 2016 saya udah ngincer tiket promo-promo ke Eropa. Tujuan awal saya sih di Eropa sampai budget abis, jadi nggak tau mau berapa lama, kalau bisa 2-3bulan abisin visa sekalian! Tapi sayangnya pas apply visa cuma dikasi 30hari, sedihhh!!

  • VISA ATAU TIKET DULU?
Sebelum beli tiket dan lain-lain, pelajar dulu VISA SCHENGENnya. Karena tiket ke Eropa itu nggak murah-murah amat jadi klo mau cari aman mending apply Visa dulu baru beli tiket. Resikonya klo ditolak cuma rugi uang visa, tapi gambling harga tiket kemungkinan nggak ada promo dalam waktu dekat mau berangkat hehe. Sedangkan kalo mau beli promo, harus siap mental kalo Visa ketolak.

Kemarin saya beli 1way dulu sebelum membuat visa, bonek sih... Promo cuma 3,2jt KUL-Paris, sedangkan ada teman saya yang nyusul beberapa hari aja di Eropa dapet tiket total -+15jt total PP Surayaba-Amsterdam beli setelah dapat visa, 1bulan sebelum berangkat.
Kita bisa apply Visa 3bulan sebelum berangkat, jadi kalo udah dapet visa punya 3bulan persiapan buat hunting tiket.

Tapi tetep dong harus optimis kalo visa di approve karena negara di Eropa nggak cuma 1 aja dan kalo ditolak di 1negara bisa apply di negara lain di Eropa.
Panduan membuat Visa Schengen bisa baca disini http://www.sayalia.com/2016/09/visa-schengen.html.
Mau buat visa dulu tanpa beli tiket? Bisa buat dummy booking reservasi tiket pesawat dulu, tutorialnya disini http://www.sayalia.com/2016/09/dummy-booking.html

Mau beli tiket dulu atau buat visa dulu? tergantung kalian :)

  • TIKET PROMO KE EROPA
Tiket ke Eropa normalnya sih 10jt> untuk PP. Untuk harga tiket saya sarankan beli rute dari KUL/SIN itu lebih murah dari pada ambil dari CGK (Jakarta). Perbedaan harga Jakarta-Amsterdam dan Kuala Lumpur-Amsterdam itu bisa hampir 2jt lho! Jadi mending coba cek2 rute dari KUL/SIN dulu sebelum memutuskan ambil dari CGK. Kecuali ada promo bagus atau duit nggak jadi masalah buat anda ya silahkan ambil mana aja hehe. Untuk ke KUL dari Indonesia bisa naik maskapai yang murah seperti AirAsia, Tiger, dll.

Menurut survey saya di tahun 2016 ini bulan Maret dan September awal banyak maskapai seperti Qatar, Etihad, Malaysia Airlines, dll ngasi promo PP ke Eropa 5jt-6jt aja untuk PP rute dari KUL-Amsterdam maupun KUL-Paris!! Kekurangannya, biasanya tiket tersebut harus beli tiket PP max tinggal 1bulan dan nggak bisa beda negara. Kalau kalian cuma pergi sebentar harga ini sangat oke lho untuk ke Eropa! Atau klo mau sabar nunggu promo yang open route pulang pergi dengan negara berbeda, tapi ya harus bersabar dan jeli nunggu promo ini.......

Tapi sayangnya saya berencanya mau tinggal 2bulan dan nggak mau PP di negara yang saya, jadi nggak pernah ada yang cocok dengan tiket tsb. Akhirnya saya nemu tiket Vietnam Airlines yang bisa ngasi saya harga murah untuk oneway ticket MYR 944 KUL-CDG (Paris) sekitar Rp 3,2jt. JOG-KUL 450rb AirAsia. Saya beli tiket oneway dulu karena saya nggak tahu bakal dapet visa schengen untuk stay berapa lama di Eropa. Jadi tiket pulangnya nyusul setelah dapet visa. Gambling dapet tiket pulangnya mahal/murah, karena udah berniat mau traveling lama jadi sudah memantapkan hati seandainya visa ketolak atau pulang dengan tiket mahal :'D.
Akhirnya tiket pulang saya dapat 1bulan sebelum berangkat dengan rute Ankara (Turkey)-KUL USD205 (Ro 2,750jt) promo dari Qatar. Karena nyari tiket pulang dari negara2 Eropa jatuhnya 5jt ketaas semua saya putuskan pulang dari Turki karena nemu tiket promo yang oke dari Amsterdam ke Istanbul USD 58. Belum beli tiket pulang ke Indonesia sampai saat post ini keluar sih jadi belum tau mau pulang kapan hehe. Jadi untuk tiket Jogja-Kuala Lumpur-Paris dan pulang Ankara-Kuala Lumpur totalnya semua saya sudah beli Rp 6.400.000,- not bad lah buat PP beli eceran :D. Jadi tiket pulang saya bergantung pada itinenary dan tiket promo yang pasti hahahaha.

  • MEMBUAT ITINENARY & RUTE TRANSPORTASI ANTAR NEGARA
Selanjutnya membuat itinenary. Saya buat itinenary setelah dapet tiket berangkat, tentunya belum fix karena itin awal cuma buat VISA aja. Setelah dapet VISA stay 30hari baru saya atur rute mau kemana aja dan beli tiket-tiket tiap negara. Karena bukan ngikut tur saya dan saya gak terlalu tertarik sama negara Eropa yang sudah mainstream, jadi saya milih sendiri mau kemana hehe. Tujuan utama saya adalah Islandia, negara paling ujung barat di peta :D. Banyak negara dalam list saya tapi karena berhubung visa cuma dapet 30hari doang jadinya ya berpikir keras negara mana yang mau di explore duluan.

Saya membuat itinenary berdasarkan negara yang ingin di kunjungi dan tentunya harga tiket yang cocok sama kantong saya hehehehe. Maklum lah ya baru pertama kali ke Eropa terlalu banyak negara yang saya ingin datangi tapi terbatas sama waktu T__T.
Karena udah dapet visa 2bulan sebelum berangkat, jadi dalam 2 bulan itu saya punya kesempatan nyari tiket-tiket promo antar negara. Dan itu sangat membantu budget banget dibanding harus beli dekat-dekat lho! Saya beli tiket Paris-Reykjavik 2bulan lalu hanya 64EUR, dan 1bulan kemudian sudah jadi 96EUR. Beli tiket Copenhagen-Dubrovnik 35EUR 2hari kemudian temen saya beli sudah jadi 49EUR. Kadang2 memang asik jalan on the go, tapi kalo bisa di atur rute terlebih dahulu bisa lumayan menghemah budget.

Transportasi antar negara saya cek dulu lewat google maps dan Rome2Rio. Website penting yang sering saya cek adalah :

  1. Skyscanner https://www.skyscanner.co.id/. Mencari harga tiket pesawat murah
  2. Rome2Rio https://www.rome2rio.com/. Ini website sangat amat membantu banget untuk nyari rute karena disediakan pilihan transportasi dan harganya juga. Jadi bisa ngira-ngira enaknya naik apa dan budget berapa
  3. Google Maps
  4. Aplikasi smartphone GO EURO. Untuk membandingkan harga transportasi antar negara di Eropa
Negara yang bisa diakses naik bis saya beli deket-deket aja karena nungguin harga promo. Untuk perusahaan bis ada banyak seperti FlixBus, OUIBus, Student Agency (Scandinavia), dll. Saya lebih fokus cari promo maskapai dulu untuk rute jauh sih. Untuk maskapai murah di Eropa yang saya dapatkan dari Norwegian Air, Transavia, Valueing, Ryan Air, Pegasus. Oh iya yang perlu diingat berdasarkan rumor katanya low cost airlines di Eropa strict banget kalo masalah bagasi kabin, jadi tasnya dikur dan ditimbang dengan pas! Harga promo-promo tsb belum sama bagasi ya. Saya sampai cuma bawa ransel 30lt aja dan beli tiket-tiket promo tsb nggak pake bagasi demi menghemat 15EUR sekali flight. Saya ada 5tiket flight lumayan menghemat 15*5=75EUR, HIDUP BACKPACKER!!

Untuk kereta sampai saat ini saya belum rencana naik kereta karena mahal. Saya lebih memilih bus malam walau agak lama karena harganya lebih murah dan lumayan hemat hostel. Malam berangkat besok pagi sudah sampai di tempat lain. Hemat waktu dan dana.
  • AKOMODASI
Akomodasi saya belum ngasi info banyak2 karena saya belum booking hostel. Ada sih tapi nggak banyak hanya minggu awal aja karena itinenary saya belum sepenuhnya fix. Memang sengaja nggak di matangkan biar waktunya flexible dan seru pas disananya hihihi. Saya pribadi lebih milih perjalanan malam pindah negara untuk hemat hostel. Selain itu juga ambil flight pagi hari jadi malemnya bisa tidur di airport.

Berdasarkan survey, hotel *3 di Eropa lebih murah kalo dihitung-hitung dibanding harus tidur di hostel dormitory. Karena saya perginya nggak sendiri jadi mending ambil private room dengan harga yang sama dengan ambil dormitory orang 3. Kalo sendiri baru ambil dormitory.
Tergantung negaranya juga sih. Kalo Eropa barat seperti Perancis, Belanda, Italia, dll harga hostel nggak bisa dibilang murah amat. Dormitory 1malam sekitar 12-15EUR. Sedangkan Scandinavia seperti Norwegia, Swedia, Denmark, Finlandia 1malam dormitory bisa 20EUR paling murah! Iceland tambah parah, tidur disana 1malam 1orang bisa kena 30EUR (T__T). Yang paling murah Eropa timur, di Hungaria, Serbia, Kroasia, Ceko 1malam dorm ada yang cuma 8EUR doang!

Cara lain berhemat bisa pakai Couchsurfing. Sosial media para traveler, tinggal cari host negara/kota yang dituju siapa tau mereka mau ngehost dan nampung kita untuk beberapa saat. Tapi untuk cara ini sih saya masih belum sreg.. Kalo buat saya selama saya masih ada dana saya lebih memilih hostel karena nggak mau merepotkan orang dan lebih enjoy sendiri hehehe (introvent alert). Kalo sudah kepepet baru nyari host CS.

Untuk yang nggak punya akun booking.com bisa register dengan klik https://www.booking.com/s/13_6/citra534

Budget dan Itinenary nanti saya kasi list lengkap 2bulan kedepan setelah pulang dari mbolang hihihi!

  • PACKING
Itinenary dan transportasi suda 60% selesai tinggal 40% pelaksanaan disananya tar gimana, lanjut dengan packing!
Karena saya mau H-E-M-A-T saya beli tiket pesawat low cost tanpa bagasi. Bukan karena hemat juga sih, karena nggak mau repot bawa koper juga. Kalo bawa backpack doang kan enak mau tidur dimana aja, pergi kemana aja gak ada tanggungan hehehe. Persiapan yang saya bawa buat traveling selama +2bulan.

Maskapai budget disana rata2 tas kabin yang boleh masuk ukurannya 55cm*20cm*40cm max 10kg (kecuali Pegasus 8kg). Ini rata2 dari beberapa maskapai yang saya beli tiketnya. Dan tambahan 1tas kecil ditaruh dibawah kursi. Kira2 ukuran itu sebesar apa ya? Tas carrier 30lt! Kalo mau bawa carrier 50lt udah disuruh masukin bagasi karena ketinggian. Kalo pergi pas summer enak kali ya bawa kaos tipis-tipis aja, berhubung saya pergi pas autumn, ditambah bakal ke Iceland yang selalu dingin, jadi harus akalin bawaan. Yang saya bawa dalam 1tas ransel 30lt :
  1. 4 kaos, 2 sweater, 2 jaket, 5legging. Saya bawa kaos karena ada beberapa rute seperti Langkawi & Penang yang saya mau datangi dan disana panas! Kalo bawa sweater semua jadi salah kostum ^^;. Karena itu saya bawa kaos dan sweater. Nggak banyak sih, kalo kedinginan tinggal di dobel2 aja, jadi mungkin cuma ganti 2x outfit aja dibolak balik XD. Untuk celana saya gak bawa jeans karena berat, saya lebih milih legging yang lebih tipis dan enteng, kalo kedinginan tinggal dipake dobel semua! lol. Kalo abis? Tinggal laundry!
  2. Dokumen, pasport, tiket, visa, buku, alat tulis, token bank
  3. Dompet kecil untuk koin
  4. Tas kecil dan map kecil untuk simpan kartu kredit&atm, pasport, dan barang penting lainnya. Karena di Eropa banyak copet juga jadi barang penting harus selalu nempel di badan!
  5. Obat-obatan yang saya bawa cuma minyak angin, Tolak Angin (paling ampuh), balsem & koyok
  6. Makanan instan, bumbu masak instan. Karena makanan di Eropa mahal-mahal, masak sendiri pasti akan menghemat budget banget, bahannya bisa beli di grocery store
  7. Alat mandi, handuk & underwear secukupnya
  8. Syal, beanie, kaos kaki cadangan
  9. Charger, kamera, sport cam, power bank
  10. Sepatu cadangan yang enteng. Karena autumn sering hujan, gawat kalo sepatunya basah. Jadi saya lebih suka bawa 1cadangan sepatu dibanding sandal (karena dingin)
  11. Sleeping Bag buat mbambung dimana-mana hahaha
semua yang saya bawa saya masukin ke tas kecil lagi biar gampang klo organisir
TADAA masuk semua di tas 30lt!
bawa tas kecil buat kamera dan dokumen2 penting
mereka yang bakal menyelamatkan perut dan kantong buat 2bulan kedepan :D
Sudah selesai persiapan tinggal pelaksanaan yayy!!
Praktis ya? hehehe saya memang orang yang agak jorok gak pernah makeup, jarang selfie dan jarang mandi kalo lagi traveling wkwkwkwkwk.

Saya bakal update di instagram kalo nemu internet karena gak ada rencana beli simcard hehe. Mengandalkan wifi aja ^_^.

Trip kali ini saya nggak sepenuhnya sendiri, bakal ada temen2 yang bisa diajak bareng disana nanti karena udah janjian meet up di beberapa negara.
Traveling sendiri memang asik, tapi pasti lebih asik kalo ada travelmate yang bisa diajak kerja sama susah bareng, seneng bareng, hemat bareng dan gembel bareng wkwkwkwkwk. Tunggu episode selanjutnya tentang yang hemat-hemat di Eropa 2bulan lagi ya!

To be continue ~

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

'Life is either a daring adventure or nothing at all.' — Helen Keller

9 comments

  1. Ditunggu ya mba cerita trip di Euro nya haha, asyik banget ampe berbulan-bulan

    ReplyDelete
  2. ajib, simpel banget bawaannya, keren! pengen ke iceland jg setelah nonton youth over flower .. hehe

    ReplyDelete
  3. Wah keren banget ya tempatnya, beneran gasabar kesana

    ReplyDelete
  4. Keren postingannya! pembahasannya menarik sekali..

    ReplyDelete
  5. Keren sekali postingannya sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  6. Woww keren banget postingannya, kebetulan saya juga suka sama yang simple simple gituu hehehe

    ReplyDelete
  7. Waah recommended banget nih prepare se-simple ini..

    ReplyDelete
  8. Postingannya sangat bermanfaat sekali untuk saya yang suka dengan bawaan yang simple..

    ReplyDelete
  9. Isi pembahasannya sangat membantu sekali, apalagi dalam hal packing..

    ReplyDelete